Kamis, 10 Desember 2009

Materi 8 : Manipulasi Data (DML)

Di dalam manipulasi data kita mengenal DML  (Data Manipulation Language) dimana dengan perintah DML kita dapat menambah isi ke dalam tabel, memodifikasi isi di dalam tabel, dan menghapus isi dari tabel.Sebuah transaksi terdiri dari kumpulan statement DML. Data Manipulation Language merupakan bagian inti dari SQL. Ketika kamu ingin melakukan update, penambahan atau penghapusan data di dalam database, kamu menggunakan perintah DML.

1. INSERT (Menambah data)
syntax :
INSERT INTO TABLE [ (colomn [, colomn...] ) ]
VALUES (value [, value ...] ) ;
 contoh : Implisit


contoh yang diatas merupakan INSERT dengan metode Implist yaitu menghilangkan kolom di list kolom (yang berwarna kota merah). Sedangkan metode Eksplist yaitu kita tidak menyebutkan nama kolom yang ingin dimasukkan tetapi di dalam values nya harus terisi data sesuai dengan banyaknya kolom.
contoh : Eksplisit




Tak hanya itu dengan perintah INSERT kita dapat mencopy isi row dengan cara mengambil dari isi row tabel lain. Yang perlu diingat untuk melakukan copy row dari tabel lain adalah tidak menggunakan klausa VALUE dan jumlah kolom asal harus sama dengan jumlah kolom tujuan (jumlah kolom yang di insert harus sama dengan jumlah kolom di subquery).
contoh :

2. UPDATE (Perubahan data)
syntax :
UPDATE table
SET colomn = value [, colomn = value, ... ]
[WHERE condition];
contoh :

Dengan perintah UPDATE kita juga dapat melakukan update dengan dua kolom seperti contoh dibawah ini :

Update juga dapat dilakukan pada tabel yang berbeda yaitu sama seperti diatas hanya mengganti nama tabel asalnya saja.
3. DELETE (Menghapus data)
syntax :
DELETE [FROM] table
[WHERE condition];
contoh :


Delete juga dapat dilakukan pada tabel yang berbeda. Lihat contoh dibawah ini

TRUNCATE
Perintah TRUNCATE hampir sama dengan perintah delete akan tetapi TRUNCATE menghapus semua baris pada tabel dan hanya meninggalkan struktur dari tabel itu sendiri. Truncate lebih kearah DDL. Truncate tidak dapat di Rollback. Truncate tidak dapat dilakukan pada tabel yang mengandung hubungan constraint pada tabel parent. Untuk melakukan truncate harus mendisable constraint terlebih dahulu.
syntax :
TRUNCATE Table table_name;
contoh :
TRUNCATE table employees;

1 comments:

Anonim mengatakan...

Isi juga dunk manipulasi string dan date...

Posting Komentar