Jumat, 30 Oktober 2009

New Release Ubuntu 9.10

Bagi anda penggemar Ubuntu, Kamis kemarin (29/10) Ubuntu 9.10 resmi dirilis yang disajikan dalam dua versi yaitu Desktop edition dan Server edition. Tak hanya itu untuk versi netbook juga disediakan secara istimewa, khusus ditujukan untuk pengguna netbook, namanya Ubuntu Netbook Remix.
Sebenarnya Ubuntu Netbook Remix bukan benar-benar merupakan versi baru, hanya saja di rilis kali ini Remix dikatakan sudah seratus persen siap pakai dan bebas bug.
Perusahaan pembuat distribusi Linux Ubuntu, yang akan merilis versi Ubuntu tiap 6 bulan sekali. Ubuntu 9.10 dinamakan Karmic Koala. Menurut Jane Silber, Ubuntu 9.10 lebih user friendly, waktu booting lebih cepat, dukungan terbaik untuk audio, dan tidak lupa perbaikan di sisi konektifitas. Sementara Remix hadir dengan konsep antarmuka yang dioptimalkan untuk layar kecil serta lebih ringan dalam hal konsumsi sumber daya.

Rilis Karmic Koala versi Ubuntu Server juga tak kalah menarik. Di sistem operasi server ini Canonical membenamkan fasilitas Ubuntu Enterprise Cloud (UEC) yang memungkinkan sebuah perusahaan membangun sistem komputasi berbasis cloud untuk jaringan privat maupun publik tanpa aplikasi pihak ketiga. Canonical mengklaim Ubuntu Server ini sebagai satu-satunya sistem operasi server yang dikemas dengan open source cloud.

So, bagi kalian penggemar Ubuntu silakan unduh di http://www.ubuntu.com/getubuntu/download

0 comments:

Posting Komentar